Friday, December 31, 2010

Mikroskop

Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah terlihat oleh mata(Wikipedia, 2010.
3. METODOLOGI

3.1 Alat dan Fungsi
Dalam praktikum ini alat yang digunakan yaitu sebagai berikut:
1. Mikroskop : untuk mengamati objek yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.
2. Gunting : untuk memotong objek.
3. Pipet tetes : untuk meneteskan larutan dalam jumlah kecil.
4. Objek glass : sebagai tempat benda yang diamati.
5. Cover glass : sebagai penutup benda.
6. Pinset : untuk mengambil bahan yang akan diamati.

3.2 Bahan dan Fungsi
Dalam praktikum ini bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. potongan kertas karton : sebagai bahan yang akan diamati.
2. Tissue : untuk membersihkan objek glass.
3. Cairan aquades : untuk memperjelas bayangan.

5. PENUTUP
Analisa Prosedur
Langkah awal pada praktikum biologi dasar materi penggunaan mikroskop yaitu alat dan bahan disiapkan. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain Mikroskop untuk mengamati objek yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Gunting untuk memotong objek. Pipet tetes : untuk meneteskan larutan dalam jumlah kecil. Objek glass sebagai tempat benda yang diamati. Cover glass sebagai penutup benda. Pinset untuk mengambil bahan yang akan diamati. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan antara lain potongan kertas karton sebagai bahan yang akan diamati. Tissue untuk membersihkan objek glass. Cairan aquades untuk memperjelas bayangan.
Setelah siap, hal berikutnya dimotong satu huruf ‘a’ pada koran yang telah disediakan dangan menggunekan gunting dan dipakai sebagai objek. Lalu diketakkan pada objek glass dan ditetesi aquades untuk memperjelas bayangan. Kemudian di tutup cover glass dengan cara ditaruh pelan-pelan dengan kemiringan 45 derajat agar tidak terjadi gelembung.
Langkah berikutnya yaitu objek glass diletakkap pada meja preparat dan dijepit agar tidak bergerak. Diatur fokus objek dengan manggunakan pengatur kasar dan halus hingga terlihat jelas bayangannya. Kemudian hasil yang didapatkan dicatat dan digambar.

1.1 Kesimpulan
Setelah melakukan praktikum biologi dasar tentang penggunaan mikroskop dapat kita simpulkan:
1. Dapat mengetahui bagian-bagian mikroskop dan fungsi.
2. Dapat mengetahui penggunaan mikroskop beserta bayangan yang dibentuk.
3. Dari praktikum yang telah kita lakukan, kita juga dapat menyimpulkan bahwa mikroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat objek yang berukuran kecil dan terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.
ditambah

1.2 Saran
Untuk menghindari kesalahan penggunaan mikroskop, sebaiknya kita harus mengetahui tentang cara penggunaan mikroskop yang benar.
Menjaga ketertiban dan menyiapkan alat dan bahan sebelum praktikum juga sangat penting. Mentaati pelaksanaan dan peraturan dalam praktikum dengan benar akaan menghasilkan data yang akurat, sehingga waktu lebih efektif dan efesien.

Daftar Pustaka

Wikipedia.2010. Mikroskop. http://id.wikipedia.org/wiki/Mikroskop. diakses tanggal 18 Desember 2010, pukul 20.05

0 comments:

Post a Comment

 

Muhammad Vioza Virdaus Akbar Sponsored by Akbar Caem