Monday, May 11, 2009

Sayur...

LETTUCE

Lettuce (Lactuca sativa) merupakan tanaman yang paling populer di antara tanaman-tanaman salad lainnya. Lettuce dapat tumbuh dengan baik dan subur pada keadaan cuaca yang dingin dengan suhu rata-rata 15-20°C. Namun, yang paling baik adalah tanah liat berpasir. Pada tanah-tanah yang berkadar asam tinggi, lettuce sulit tumbuh dan berproduksi dengan baik. Derajat keasaman (pH) tanah yang baik adalah 5,8 - 6,5.

Lettuce dikembangbiakkan dengan biji. Pada perkebunan-perkebunan lettuce yang besar, biasanya pengolahan tanah dilakukan dengan traktor. Pemupukan Tanaman lettuce merupakan tanaman yang lemah dengan sistem perakaran yang kecil.

Hama dan Penyakit
Hama ini, selain dapat merusak daun-daun tanaman lettuce, juga dapat membawa penyakit virus yang sangat berbahaya dan dapat menurunkan produksi bahkan kegagalan seluruh tanaman. Penyakit-penyakit yang biasa terdapat pada tanaman lettuce antara lain sebagai berikut. SCLEROTINIA DROP Penyakit ini mula-mula terjadi pada batang yang dekat dengan permukaan tanah, kemudian menyebar ke bagian atas tanaman. Untuk mencegah penyakit ini, dapat dilakukan rotasi tanaman, atau pemberian fungisida ke dalam tanah. BOTTOM ROT (PENYAKIT BUSUK AKAR) Ciri-ciri tanaman yang terserang penyakit ini adalah daun menjadi kaku, terdapat luka yang agak cekung pada petiole dan tulang daun, serta helai daun menjadi cokelat dan membusuk. Pencegahannya dilakukan dengan cara rotasi tanaman dengan jagung atau tomat. Sisa-sisa tanaman yang dipanen dipindahkan atau dibakar atau diberikan fungisida pada tanah. BROWN BLIGHT Tanaman yang diserang adalah tanaman muda. Daun yang terinfeksi akan menjadi cokelat dan mengering. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan menggunakan varietas yang resisten.
Caranya adalah dengan memotong bagian di atas daun yang menyentuh permukaan tanah untuk mencegah adanya jamur dan penyebarannya pada lettuce lainnya dalam penyimpanan.

By : Lia Herawati

0 comments:

Post a Comment

 

Muhammad Vioza Virdaus Akbar Sponsored by Akbar Caem